Peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta

2020-12-28 00:49:53

Pada hari Ahad tanggal 6 Desember 2020, UKM UKKI Al Mizan telah menyelenggarakan rangkaian acara dalam memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1442 H dengan tema “Implementasi Maulid Nabi Dalam Menghadapi Situasi Pandemi”. Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu adalah kajian online dengan pemateri Ustadz Ahmad Alwanto. Kajian dilaksanakan menggunakan via Goggle Meet, dan dihadiri kurang lebih 100 peserta. Kajian dimulai jam 9 sampai dengan jam 11.30 dengan dipandu oleh moderator yang bernama Rohmatul.Ilmu yang didapat dari kajian ini adalah kita harus menyikapi musibah pandemi covid bukan sebagai kesusahan. Harus bersabar dan ikhtiar dan bisa menjadi instropeksi diri kepada Allah SWT, karena dengan musibah ini, kita menjadi lebih dekat kepada Sang Pencipta. Juga dengan meneladani sikap sabar Nabi Muhammad SAW, karena beliau adalah suri tauladan umat muslim. Peserta pun tampak antusias saat dibukanya sesi tanya jawab. Selain memperoleh relasi dan ilmu, seluruh peserta kajian juga mendapat E-sertifikat

Selain kajian online, acara lain untuk memperingati Hari Maulid Nabi adalah dengan diadakannya lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an). Adapun lomba MTQ adalah bidang lomba membaca Al – Qur’an dengan bacaanmujawwad, ayitu bacaan Al – Qur’an yang mengandung nilai ilmu membaca (tajwid), seni (lagu dan suara), dan etika (adab) membaca.

Lomba ini diikuti oleh peserta tingkat SMA/K sederajat. Peserta mengirimkan vidio pada tanggal 5 Desember 2020, lalu penjurian dilakukan pada tanggal 6 Desember 2020, dan pengumuman pemenang lomba MTQ pada tanggal 7 Desember 2020 pukul 20.00 WIB. Juara 1 dimenangkan oleh Nuriyatus Sholihah dari MA Nurul Ulum Pati, juara 2 oleh Adan Syaif Wafa dari SMK Darul Qur’an Wal Irsyad Gunungkidul, dan juara 3 Zidni Anasa Ni Da’i dari SMA N 1 Jetis Bantul. Masing masing pemenang mendapat E-sertifikat dan uang pembinaan, dan peserta yang lain memperoleh E-sertifikat.

Acara ini telah dipersiapkan sejak satu bulan sebelum pelaksanaan, dengan jumlah panitia 37 orang. Rapat besar diadakan sebanyak 3 kali, pertama dilakukan secara daring, dan yang kedua dan ketiga dilakukan secara bleanded (daring dan luring).Waktu pelaksanaan, yang datang ke kampus sebanyak 27 orang, lalu sisanya mengikuti pelaksanaan ini dirumah masing – masing. Akhir acara ini, ditutup dengan rapat evaluasi. Selama acara berlangsung sampai akhir, telah berjalan dengan lancar dengan dukungan semua pihak.