Sistem Perkuliahan dan Praktikum Laboratorium

Kegiatan Perkuliahan

 

Sistem perkuliahan dan praktikum yang diselenggarakan di AA YKPN adalah sistem kredit semester, dengan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Tidak ada kenaikan tingkat pada setiap tahun akademik.
  2. Cara menyelesaikan studi dalam bentuk pengambilan sejumlah satuan kredit mata kuliah.
  3. Komposisi pengambilan mata kuliah dan waktu menyelesaikan studi tidak perlu sama antara satu mahasiswa dengan mahasiswa yang lainnya.

Mata kuliah yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa terdiri dari mata kuliah teori, mata kuliah praktik, dan mata kuliah praktikum. Deskripsi singkat ketiga jenis mata kuliah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mata kuliah teori adalah mata kuliah yang berisi pembahasan materi kuliah dari aspek teori.
  2. Mata kuliah praktik adalah mata kuliah pendamping untuk mata kuliah teori, berisi materi praktik untuk setiap bagian yang dibahas dalam mata kuliah teori.
  3. Mata kuliah praktikum adalah mata kuliah yang berisi simulasi praktik secara komprehensif untuk sejumlah keahlian praktik yang harus dikuasai oleh mahasiswa.

Untuk mendukung efektifitas kegiatan kuliah, setiap dosen menyiapkan dan membagikan silabus atau rencana kuliah kepada setiap mahasiswa. Silabus tersebut berisi rincian materi kuliah yang akan disampaikan atau didiskusikan di kelas pada setiap sesi selama satu semester,  termasuk informasi buku acuan, informasi tugas yang harus dikerjakan, ketentuan penilaian, serta berbagai aturan lain yang harus dipenuhi selama kuliah berlangsung.

Bahan kuliah yang berupa buku acuan dapat dipinjam di perpustakaan, sedangkan bahan kuliah yang berupa buku praktik dibagikan kepada setiap mahasiswa dan menjadi hak milik mahasiswa. Buku praktik berisi bahan-bahan latihan praktik untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan berbagai kasus atau soal yang dibahas dalam suatu mata kuliah. Untuk mata kuliah praktikum, setiap mahasiswa mendapatkan paket  buku praktikum sebagai sarana utama kegiatan kuliah praktikum.

Ketentuan kehadiran kuliah diatur sebagai berikut:

  1. Toleransi keterlambatan adalah 10 menit.
  2. Untuk mata kuliah teori dan mata kuliah praktik, kehadiran kurang dari 75% nilai diturunkan satu tingkat.
  3. Untuk mata kuliah praktikum berlaku ketentuan pengguguran mata kuliah sebagai berikut:
    1. Digugurkan dari mata kuliah praktikum  jika tidak hadir sebanyak 2 (dua) kali tatap muka  atau (4 jam kuliah) secara berurutan, atau tidak hadir sebanyak 5 lima jam kuliah secara tidak berurutan, dengan alasan apapun. Peserta praktikum yang sudah dinyatakan gugur tidak diperkenankan lagi mengikuti kuliah praktikum pada semester yang bersangkutan.
    2. Digugurkan dari mata kuliah praktikum  jika membawa pulang kertas kerja praktikum atau bahan praktikum tanpa seijin dosen pengampu.
Penerimaan Mahasiswa Baru
LOGIN
Anda dapat login menggunakan nim, nip maupun username anda! Jika anda lupa dengan password anda, hubungi Administrator.



Kalender Akademik
April 2017
SuMoTuWeThFrSa
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
2324252627
28
29
30