Perkuliahan dan Praktikum/Laboratorium

  • Mahasiswa bisa mengikuti kuliah atau praktikum/laboratorium setelah rencana studi yang dibuat mendapatkan persetujuan dosen pembimbing. Jenis mata kuliah dan praktikum/laboratorium yang diikuti mahasiswa disesuaikan dengan mata kuliah dan praktikum/laboratorium yang diambil saat membuat rencana studi.
  • Dalam kuliah maupun praktikum/laboratorium, setiap dosen menyiapkan dan membagikan silabus atau rencana kuliah kepada setiap mahasiswa. Silabus tersebut berisi rincian materi kuliah yang akan disampaikan atau didiskusikan di kelas pada setiap sesi selama satu semester, buku wajib, tugas yang harus dikerjakan, ketentuan penilaian serta berbagai aturan lain yang harus dipenuhi selama kuliah berlangsung.
  • Untuk beberapa mata kuliah pokok, setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk meminjam buku di perpustakaan selama satu semester. Di samping itu, setiap mahasiswa akan memperoleh buku latihan sebagai media untuk menerapkan atau mempraktikan materi yang disampaikan di kelas.
  • Untuk matakuliah praktikum/laboratorium, setiap mahasiswa akan mendapatkan paket buku bahan praktikum/laboratorium sebagai sarana untuk melaksanakan kegiatan praktikum/laboratorium.
  • Mata kuliah praktikum/laboratorium diselenggarakan di ruang praktikum/laboratorium. Mata kuliah praktikum/laboratorium dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan teori yang sudah diberikan untuk menyelesaikan berbagai kasus nyata dalam perusahaan. Dalam matakuliah praktikum/laboratorium, dosen berfungsi sebagai instruktur, sehingga mahasiswa dituntut untuk lebih aktif di dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.
  • Mahasiswa yang berhasil lulus dalam mata kuliah praktikum/laboratorium akan mendapatkan sertifikat.