Profil Program Sertifikasi

SERTIFIKASI KEAHLIAN AKUNTANSI

Kualitas lulusan AA YKPN sudah tidak diragukan lagi, terbukti melalui daya serap lulusan di dunia kerja yang cukup tinggi, termasuk jumlah perusahaan yang melakukan rekrutmen lulusan langsung di kampus AA YKPN, yang dari waktu ke waktu cenderung meningkat.

Namun demikian AA YKPN memandang perlunya pengakuan dari lembaga independen tentang kompetensi akuntansi lulusan AA YKPN. Sehubungan dengan hal tersebut, mulai dari wisuda bulan September 2013, seluruh mahasiswa yang berencana mengikuti yudisium untuk wisuda bulan September 2013 diwajibkan mengikuti Sertifikasi Keahlian Akuntansi.

Sertifikasi Keahlian Akuntansi akan dilakukan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), yang proses implementasinya diawali dengan penandatanganan MOU antara AA YKPN dengan IAI Pusat, yang dilaksanakan hari Senin, 21 Januari 2013, dilanjutkan dengan TFT (Training for Trainer) tentang Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang sudah dikonvergensi ke IFRS (International Financial Reporting Standard). TFT dilaksanakan selama 3 hari penuh, Senin, 21 Januari 2013 sampai dengan Rabu, 23 Januari 2013 di kampus AA YKPN Yogyakarta.

Melalui Sertikasi Keahlian Akuntansi ini, standar kompetensi akuntansi lulusan AA YKPN menjadi lebih terjamin dan lebih bisa dipercaya. Para pengguna lulusan AA YKPN akan lebih dapat meyakini kualitas kompetensi akuntansi lulusan AA YKPN.

 

SERTIFIKASI CAT (CERTIFIED ACCOUNTING TECHNICIAN)

Dalam rangka mempersiapkan lulusan dengan keunggulan kompetensi dan ketrampilan akuntansi tingkat internasional, AA YKPN mengadakan program pendidikan teknisi akuntansi bersertifikat lembaga sertifikasi akuntansi internasional yang berpusat di London, yang sangat berpengaruh di dunia, termasuk di Asia Pasifik, yaitu The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA).

The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA)

ACCA adalah lembaga sertifikasi akuntansi internasional yang berpusat di London, yang pada saat ini telah memiliki lebih dari 240.000 mahasiswa peserta sertifikasi dan anggota asosiasi di 160 negara. Anggota asosiasi adalah mereka yang telah lulus sertifikasi ACCA.

Dalam rangka untuk memperluas peserta sertifikasi dan keanggotaan asosiasi, pada saat ini ACCA telah membuka jaringan dan kantor cabang di 70 negara. Namun demikian, sampai dengan saat ini ACCA belum memiliki kantor cabang di Indonesia, sementara beberapa anggota ACCA telah masuk ke Indonesia melalui perusahaan-perusahaan multinasional yang ada di Jakarta, Surabaya, dan Bali. Di sisi lain ACCA telah memiliki kantor cabang dan ribuan peserta sertifikasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Pakistan, Myanmar, Thailand, Philipina, Hongkong, dan negara-negara Asia lainnya.

Di Singapura, Malaysia, Hongkong, dan beberapa negara Asia lainnya, banyak perusahaan yang telah mensyaratkan tenaga akuntansinya untuk memiliki sertifikasi ACCA karena dipicu oleh tuntutan legalitas kompetensi tenaga bidang akuntansinya, dalam rangka menghadapi kompetisi bisnis yang sangat ketat, yang menuntut seluruh aspek bisnis beroperasi dengan efektif dan efisien.

Di Indonesia ACCA telah secara proaktif dan intensif memperkenalkan sertifikasi ACCA kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, baik perusahaan nasional maupun multi nasional. Tidak menutup kemungkinan, jika sosialisasi ACCA berhasil, akan banyak perusahaan yang mensyaratkan sertifikasi ACCA untuk rekrutmen tenaga akuntansinya. Terlepas dari sukses tidaknya sosialiasi ACCA di Indonesia, AA YKPN akan terus berupaya untuk mempersiapkan lulusannya memiliki keunggulan bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional. Harus diakui bahwa hanya mereka yang memiliki kompetensi tinggi di bidangnya yang akan mampu bersaing dan bertahan hidup di era persaingan bursa tenaga kerja yang ke depan diprakirakan akan sangat ketat.

Certified Accounting Technician (CAT)

Sertifikasi ACCA terdiri dari dua macam, yaitu Certified Accounting Technician (CAT) dan Chartered Accountant (CA). CAT adalah sertifikasi untuk profesi akuntansi setingkat ajun akuntan/lulusan D-3, sedangkan CA adalah sertifikasi untuk profesi akuntansi setingkat akuntan yang telah lulus Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP).

Untuk mendapatkan CAT harus lulus tiga tahap ujian sertifikasi sebagai berikut: intoductory level, intermediate level, dan advanced level, dan bukti pengalaman kerja 1 tahun di bidang akuntansi. Seorang peserta yang berhasil lulus tiga tingkat ujian sertifikasi dan telah mempunyai bukti pengalaman kerja satu tahun di bidang akuntansi berhak membubuhkan gelar CAT di belakang namanya, dan berhak bergabung dengan ACCA untuk mendapatkan kesempatan akses terhadap informasi peluang kerja tingkat internasional, termasuk mendapatkan berbagai informasi eksklusif dari ACCA untuk kepentingan pengembangan karier di bidang akuntansi.

Bagi yang telah mendapatkan sertifikasi CAT, untuk mengikuti ujian CA, tinggal mengikuti dua tahapan (dari tiga tahapan) ujian sertifikasi, yaitu yang disebut dengan  CCA part 2, dan CCA part 3. Setelah lulus sertifikasi CCA part 3, seorang peserta berhak membubuhkan gelar CA di belakang namanya, termasuk mendapatkan berbagai informasi eksklusif dari ACCA untuk kepentingan pengembangan karier di bidang akuntansi.

Penerimaan Mahasiswa Baru
LOGIN
Anda dapat login menggunakan nim, nip maupun username anda! Jika anda lupa dengan password anda, hubungi Administrator.



Kalender Akademik
June 2017
SuMoTuWeThFrSa
    123
45678910
11121314151617
181920212223
24
252627282930